Uncategorized

ARAWAZA Competition KUMITE Belt – WKF Approved

ARAWAZA Competition KUMITE Belt - WKF Approved

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

PENGETAHUAN BELA DIRI

Bela Diri adalah sebuah frase yang sering kita dengar. Begitu mendengarnya, asumsi kita melayang pada Karate, Pencak Silat, Tae Kwon Do, dan lain-lain. Anggapan ini tidak salah sepenuhnya dan tidak benar pula sepenuhnya.

Ada dua pengertian bela diri, yakni secara sempit dan secara luas. Bela diri dalam arti sempit adalah seni bertarung yang secara mendasar dibentuk oleh Dharma Taishi (Tatmo Cawsu), Pendeta Budha Generasi ke-28. Pada tahun 550 Masehi, ia bepergian ke Cina dari India untuk mengajarkan agama Budha. Di samping itu, ia juga mengajarkan Indo Kempo (Seni Bertarung Ala India). Hal ini memang penting diajarkan karena pendeta Budha saat itu sering bepergian dari Cina ke India atau sebaliknya untuk belajar agama Budha. Jalur Sutra saat itu tidak pernah sepi dari perampok.

Kemudian seni ini dikembangkan di Kuil Shaolin, yang kemudian disebut “Kung Fu Shaolin”.

Seiring perjalanan waktu, seni ini merambah ke berbagai negara di dunia ini. Di Jepang, adopsi seni ini melahirkan Ju Jitsu, Aikido, Hapkido, Judo, dan Karate. Di Thailand, Thai Boxing. Di Indonesia, Pencak Silat. Di Korea, Tae Kwon Do. Bahkan di zaman moderen sekarang ini, seni ini masih melahirkan bela diri baru seperti Mixed Martial Art dan Shinto Ryu.

Bagaimana dengan Bela Diri Dalam Arti Luas?

Pengertiannya di sini lebih luas daripada dalam arti sempit. Mencakup metode apapun yang digunakan manusia untuk membela dirinya. Tidak masalah bersenjata atau tidak. Gulat, Tinju, permainan pedang, menembak, dan seni bela diri yang terurai di atas termasuk bagian di dalam pengertian ini.

Walaupun banyak ahli bela diri Timur yang berpendapat bahwa Gulat dan Tinju tidak termasuk di dalam seni bela diri, namun dua ini sekarang dikategorikan sebagai seni bela diri. Secara sistematis, keduanya memenuhi syarat untuk disebut sebagai Seni Bela Diri.

Uncategorized

Distributor GTO Net Voli Pasit Pro Practice Grosir

Distributor GTO Net Voli Pasit Pro Practice Grosir

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

5 Manfaat Menakjubkan Olahraga Voli Bagi Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Dibandingkan dengan futsal atau basket, orang Indonesia mungkin bisa dibilang jarang main bola voli — kecuali ada kesempatan khusus tertentu, seperti kejuaraan SEA GAMES. Namun bukan berarti manfaat main voli tidak sehebat dua olahraga populer itu.

Selain melatih kerja sama bersama teman, ternyata masih banyak manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat dari permainan voli.

Manfaat bermain bola voli untuk kesehatan tubuh

1. Mengurangi stres

Otak akan memperbanyak produksi hormon mood bahagia ketika kita berolahraga, yaitu endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan. Olahraga yang teratur juga dapat menurunkan hormon kortisol dan epineprin, dua hormon pemicu stres, dan menggantikannya dengan meningkatkan hormon norepineprin sebagai antidepresan.

Kesemua hormon positif ini kemudian akan bekerja sama menimbulkan perasaan senang dan mengusir stres, sehingga menciptakan pikiran-pikiran positif. Itu sebabnya kenapa olahraga sering disarankan sebagai terapi tambahan untuk mengelola gejala berbagai penyakit mental.

Efek penurunan tingkat stres ini juga semakin bertambah pada permainan voli karena melibatkan interaksi sosial dengan banyak orang dalam satu waktu.

2. Membantu tidur lebih nyenyak

Olahraga bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak karena membantu meningkatkan aktivitas enzim dan fungsi otot, serta membantu merilekskan tubuh setelah seharian bekerja. Pada pagi harinya pun Anda akan merasa lebih bertenaga.

Dilansir dari laman Healthline, kenaikan suhu tubuh yang terjadi saat Anda berolahraga juga ikut membantu Anda tidur nyenyak. Bahkan, olahraga intensitas sedang dilaporkan bisa membantu mengendalikan berbagai gangguan tidur, seperti insomnia.

Namun tetap jangan olahraga berlebihan. Olahraga terlalu keras membuat tubuh Anda malah akan semakin kelelahan dan dehidrasi, yang bikin sulit tidur.

3. Ampuh turunkan berat badan

Permainan voli termasuk jenis olahraga kardio aerobik. Olahraga kardio itu sendiri adalah jenis latihan untuk meningkatkan detak jantung. Selama 15-20 menit atau lebih Anda bermain bola voli memberikan peningktan denyut nadi hingga sebesar 60-80% dari normalnya.

Jantung tersusun dari otot-otot yang harus terus bergerak agar bisa lebih kuat dan kuat lagi. Bila otot jantung kuat, maka pembuluh darah dapat mengalirkan darah lebih banyak dan lebih cepat. Pembuluh darah yang kuat dapat mengalirkan oksigen lebih banyak ke dalam sel-sel otot.

Hal ini memungkinkan sel untuk membakar lemak lebih banyak selama olahraga dan saat istirahat. Itu kenapa latihan kardo paling umum dipilih untuk membantu menurunkan berat badan, karena aktivitas ini sangat efektif membakar lemak. Berolahraga voli secara teratur juga akan mencegah terjadinya berat badan lebih dan obesitas yang menjadi sumber dari segala sumber penyakit metabolik, seperti diabetes.

Olahraga voli selama 20 menit dapat membakar 126 kalori. Bayangkan saja jika Anda bermain voli secara teratur 20 menit selama 1 tahun penuh, Anda bisa membakar sebanyak 459.900 kalori atau setara dengan mengurangi 6 kilogram lemak dari tubuh Anda. Penelitian menemukan bahwa semakin tinggi intensitas kardio yang Anda lakukan, semakin besar kalori yang terbakar. 

4. Membentuk dan menguatkan otot, juga persendian

Selain menguatkan otot-otot jantung, bermain voli juga melibatkan banyak gerak anggota tubuh. Mulai dari otot betis, paha, bokong, pinggul yang dipakai untuk lompat dan berlari, hingga lengan atas dan otot punggung untuk memukul bola.

Dengan bermain voli, persendian Anda pun ikut menjadi kuat karena terus dilatih untuk berlari. melompat, dan memukul. Persendian yang kuat akan menghindari Anda dari berbagai risiko cedera saat berolahraga maupun beraktivitas harian..

5. Menguatkan tulang

Bola voli termasuk latihan beban yang dapat menguatkan tulang.

Latihan beban secara rutin membantu tubuh mengendalikan pelepasan kadar sklerostin sekaligus meningkatkan produksi hormon khusus bernama IGF-1 yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang. Sklerostin itu sendiri adalah salah satu protein alami yang apabila kadarnya menumpuk pada tulang, bisa membuat tulang lebih rentan mengeropos.

Dengan begitu, permainan voli bisa membantu menjaga kepadatan tulang sejak dini dan mencegah gejala osteoporosis untuk ke depannya.

Uncategorized

Portable Gawang Mini Import 1529191cm

Portable Gawang Mini Import 1529191cm

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Selain Menyenangkan, Ini 3 Manfaat Istimewa Main Sepakbola untuk Anak-anak

Jangan marahi si kecil jika ia pulang dengan baju dan sepatu yang kotor karena ia habis main sepak bola. Anda harus tahu, banyak manfaat main sepak bola yang bisa anak Anda dapatkan! Termasuk manfaat kesehatannya. Apa saja manfaat bermain sepak bola bagi anak-anak? Anda akan tahu di artikel ini.

Apa saja manfaat main sepak bola untuk anak?

Jika si kecil menyukai sepak bola, olahraga ini tidak hanya mengembangkan kemampuan anak soal ketangkasan, kecepatan, dan stamina, tapi juga mengajarkan anak mengenai pentingnya kerjasama tim. Jika Anda mulai melihat si kecil tertarik dengan sepak bola, tidak ada salahnya Anda menyalurkan energinya dengan memasukkan si kecil ke dalam sebuah klub atau sekolah sepak bola.

Ajak anak bicara, apakah ia benar-benar menginginkannya atau tidak. Jika iya, pilih klub atau sekolah sepak bola yang sesuai dengan kebutuhan anak Anda. Masalahnya, setiap klub memiliki aturan dan fokus latihan yang berbeda-beda.

Jika ia hanya suka bermain-main, Anda tidak perlu khawatir, permainan ini tetap mendatangkan manfaat untuk si kecil. Apa saja manfaat main sepak bola? Berikut penjelasannya.

1. Meningkatkan kebugaran

Dua kriteria penting yang harus dimiliki pemain sepak bola adalah harus sehat dan gesit. Permainan ini mengharuskan anak-anak berlari lebih cepat untuk mengejar bola di lapangan yang cukup besar. Aktivitas ini membangun daya tahan dan kecepatan si kecil.

Menggiring bola dan memasukkan bola ke dalam gawang lawan bisa melatih ketangkasan dan rasa kerjasama si kecil dengan orang lain. Melatih tulang dan otot menjadi kuat adalah manfaat kesehatan yang bisa anak Anda dapatkan dari olahraga aktif seperti sepak bola ini.

Karena tubuh anak jadi lebih bugar, bermain sepak bola menurunkan risiko si kecil untuk terkena diabetes tipe 2 dan kelebihan berat badan seperti obesitas. Jika ini manfaat main sepak bola yang anak Anda dapatkan, yakin mau melarang mereka lagi?

2. Membangun kepekaan sosial si kecil

Bermain dengan tim sepak bola akan mengembangkan kemampuan anak untuk bekerja sama, berkomunikasi, dan berinteraksi dengan anak-anak lain. Untuk memenangkan sebuah pertandingan sepak bola, seluruh tim harus berkomunikasi dan bekerja sama. Posisi pemain sepak bola yang ada di lini belakang dan bertugas sebagai pertahanan harus membantu pemain tengah (gelandang) dan pemain depan (penyerang) saat menyerang ke gawang lawan.

Pada saat mereka mendapatkan serangan lawan, pemain depan atau lebih sering dikenal dengan striker harus membantu pemain belakang untuk membantu pertahanan.

Saat menggiring bola sampai bisa menjebol gawang lawan, hal ini membutuhkan komunikasi dan kepercayaan antara pemain. Kerjasama ini mengembangkan kemampuan sosial anak. Anak-anak yang bermain sepak bola lebih mudah mengembangkan rasa percaya diri dan meningkatkan rasa sosial mereka. 

3. Mengembangkan kepribadian baik anak

Permainan sepak bola sangat menekankan kerjasama tim secara keseluruhan, bukan hanya keahlian individu. Itu mengapa olahraga permainan ini kurang disukai oleh anak-anak yang hanya menyukai olahraga atletik seperti lari atau berenang. 

Sepak bola mendorong kerjasama tim dan komunikasi antar pemain, hal ini membiarkan anak memahami kepribadian mereka dan menghubungkannya dengan kesuksesan tim dibandingkan hanya berpikir untuk mengungguli rekan setim. 

Selain itu, latihan sepak bola juga membentuk pribadi anak yang disiplin dan kreatif dalam memecahkan masalah. Karena itu, manfaat main sepak bola begitu besar untuk anak-anak.

Uncategorized

Produsen JC Normal Quality POOM Belt Grosir

Produsen JC Normal Quality POOM Belt Grosir

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Seragam Taekwondo terdiri dari Dobok (baju dan celana) dan Ti (Sabuk). 
Berawal warna dobok hanya  putih, dan pada tahun 1970-an, mulai dibedakan seragam bagi penyandang sabuk hitam (DAN) dengan memakai kerah leher Hitam.Model dan bentuk seragam Taekwondo mengilhami dari pakaian tradisional Korea yang disebut dengan Han Dobok. Han Dobok terdapat 3 unsur bentuk yaitu lingkaran (Won), persegi empat (Bang) dan segitiga (Kak), yang masing-masing menyimbolkan Langit/Surga, Bumi, dan Manusia yang merupakan 3 unsur alam semesta (Samilshingo).Di Korea terdapat bentuk Um-Yang atau nama lain Yin-Yang.  Nama Yin sebagai Bumi dan Yang sebagai Langit yang merupakan Makrokosmosnya sedangkan Mikrokosmos-nya adalah Manusia, dari seragam yang ada maka celana dan bajunya menggambarkan bumi dan langit sedangkan sabuk mengambarkan jati diri pemakainya.Untuk dobok standar, ada tiga macam yaitu :1. Kerah Putih
    Digunakan untuk pesarta penyandang sabuk warna (putih hingga merah strip dua)
2. Kerah Hitam-Merah
    Digunakan untuk peserta penyandang sabuk Poom,
    Tingkat Poom adalah jenjang setelah merah strip dua tetapi masih Junior usianya.
3. Kerah Hitam
    Digunakan untuk peserta penyandang sabuk Hitam,
    Tingkat DAN adalah jenjang setelah merah strip dua tetapi Sudah Senior usianya.

Seragam Taekwondo Poomsae

 Untuk dobok standar, ada tiga macam yaitu :
1. Kerah Putih
    Digunakan untuk pesarta penyandang sabuk warna (putih hingga merah strip dua)
2. Kerah Hitam-Merah
    Digunakan untuk peserta penyandang sabuk Poom,
    Celana Merah untukWanita
    Celana Biru untuk Pria
    Tingkat Poom adalah jenjang setelah merah strip dua tetapi masih Junior usianya.
3. Kerah Hitam
    Digunakan untuk peserta penyandang sabuk Hitam,
    Baju Putih, Celana Biru Tua untuk DAN 1-6 Pria
    Baju Putih, Celana Biru Muda untuk DAN1-6 Wanita
    Baju Kuning, Celana Biru Tua untuk DAN 7-9
    Tingkat DAN adalah jenjang setelah merah strip dua tetapi Sudah Senior usianya.

Uncategorized

Produsen Bola Penjas Lokal Grosir

Produsen Bola Penjas Lokal Grosir

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

A. PENGERTIAN
Sepak bola merupakan permainan beregu, masing-masing regu terdiri dari sebelas orang pemain. Permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak (2 x 45 menit) dengan waktu istirahat yaitu 10 menit diantara dua babak tersebut.
B. TUJUAN 

Permainan sepak bola dilakukan dengan tujuan untuk memasukan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri  agar tidak kemasukan bola.
C. Posisi/susunan Pemain dalam permainan sepak bola

  1. Penjaga gawang 
  2. Gelandang kanan  
  3. Bek kanan
  4. Bek kiri 
  5. Gelandang tengah 
  6. Gelandang kiri 
  7. Kanan luar 
  8. Kanan dalam 
  9. Penyerang tengah 
  10. Kiri dalam 
  11. Kiri luar 

D. MANFAATSepakbola mungkin mempunyai manfaat kesehatan yang tidak ada dalam olahraga yang lain seperti berikut : 

  1. Membangun dan Memperkuat Otot. Bermain sepak bola dapat membantu membangun dan memperkuat otot, khususnya otot kaki, paha, perut, dan dada. Dan, membangun serta membentuk otot merupakan cara tepat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan juga dapat membantu meningkatkan kinerja atletik. 
  2. Menjadikan Anda Lincah & Fleksibel. Saat bermain bola, Anda dituntut untuk bergerak ke sana ke mari dengan begitu cepat. Nah, gerakan cepat saat bermain sepak bola itu akan membantu Anda menjadi lebih lincah dan fleksibel. Kaki, dada, dan lengan akan menjadi lebih fleksibel.
  3. Mengontrol Berat Badan. Dapat dipastikan bahwa Antakkan pernah menemui pemain atau seseorang yang hobi dan rutin bermain sepak bola memiliki badan yang gemuk. Hal itu disebabkan karena jenis olahraga ini dapat membantu mereka kehilangan sejumlah besar lemak di tubuh melalui proses pembakaran kalori dan lemak. Karenanya, sepak bola tampaknya bisa jadi pilihan bagi Anda yang bermasalah dengan berat badan.
  4. Kebugaran Kardiovaskular dan Aerobik. Dalam sepak bola, seorang pemain dituntut untuk terus berlari mengejar bola selama 90 menit. Dan, berdasarkan riset ilmuwan dari  University Kopenhagen yang dipublikasikan dalam Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports, ternyata hal itu sangat bermanfaat dalam meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan aerobik. Dalam kajiannya, Jens Bangsbo dan rekannya sesame ilmuwan meminta seorang wanita yang sebelumnya tak pernah bermain sepak bola untuk mencoba sepak bola dua kali seminggu selama satu jam. Hasilnya, ditemukan bahwa ada perbaikan yang signifikan dalam pengambilan oksigen maksimal, peningkatan kecepatan lari, dan daya tahan.
  5. Sepak Bola Bikin Tinggi  Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk meninggikan badan. Gerakan lari dan melompat pada permainan ini melatih tulang kaki yang akhirnya merangsang pertumbuhan. Menurut Riset yang dipublikasikan oleh journal of Bone Mineral Research, pria dengan rutinitasnya main bola bakal memiliki tingkat kepadatan tulang 1.3 kali lebih tinggi. Kepadatan tulang yang tinggi meminimalisir terjadinya osteoporosis, yang membuat badan lebih membungkuk. Jadi dengan main bola secara teratur saja kamu bisa meninggikan badanmu dan mencegah badan bungkuk karena osteoporosis
  6. Kebugaran Tubuh  Coba ukur VO2max (biar kayak pemain timnas) dan temanmu yang jarang main sepak bola, lalu coba ajak temanmu tadi gabung latihan 2 kali seminggu, kemudian ukur lagi VO2max temanmu tadi. Menurut Jens Bangsbo dan rekannya yang dipublikasikan pada tulisan “Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports” orang yang bermain bola akan memiliki perbaikan VO2max yang signifikan ditambah dengan kecepatan lari dan kebugaran tubuh. Coba deh setelah temanmu kamu ajak latihan sepak bola lalu periksa VO2maxnya, mudah-mudahan bener, jadi kamu sudah memperbaiki hidup temanmu itu, horee..
  7. Otot Menjadi Kuat  Menurut saya karena main  Bermain sepak bola memang meningkatkan kekuatan otot, mulai dari otot kaki, paha, perut dan dada. Otot yang terus dilatih membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah mengalami penyakit persendiaan.
  8. Menjaga Badan Agar Tetap Ideal Tidak salah jika saya ingin mengatakan bahwa main bola itu juga merupakan gabungan jenis olahraga aerobik yang notabene bagus untuk mencegah kegemukan. Ketika anda bermain sepak bola, anda juga lari dan melompat. Kegiatan semacam itu membakar kalori yang cukup banyak, sehingga biasanya orang yang hobi banget main sepak bola badannya tidak gemuk.
  9. Melatih Konsentrasi Konsentrasi merupakan hal yang penting dalam sepak bola dan kehidupan, keduanya membutuhkan konsentrasi. Ketika main bola kamu pasti akan mengalami yang namanya menyerang dan bertahan. Ketika kamu kurang konsentrasi kamu bakal membuat blunder yang cukup merugikan tim mu saat itu. Sepak bola juga menguji kecepatan dan ketepatan berfikir, disaat itulah koordinasi antara mata, pikiran dengan anggota tubuh lainnya.
  10. Bersosialisai Akhirnysa sampai pada manfaat ke-enam yang merupakan faktor gaya-gayaan. Dengan main bola kamu bisa bertemu dengan orang lain, relasi, dll. Inilah faktor sosial yang merupakan bagian kehidupan yang tidak bisa dipisahkan dengan kesehatan. Orang yang bersosial panjang umurnya kata orang-orang, ya kadang juga main bersama bisa jadi mendatangkan rezeki yang kadang tak terpikirkan gimana datangnya.
Uncategorized

Distributor Raket Bulutangkis Yonex Arcsaber Gamma

Distributor Raket Bulutangkis Yonex Arcsaber Gamma

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Pengertian Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah suatu olahraga rkt yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Olah raga yang satu ini hampir mirip seperti tenis.

Secara harfiah bulu tangkis berasal dari dua kata, yaitu bulu dan tangkis. Kata bulu diambil dari bentuk atau wujud kok (shuttlecock) yang terbuat dri bulu angsa. Sedangkan “tangkis” diambil dari kata dasar menangkis. Inti dari permainan bulu tangkis adalah menangkis pergerakan dari shuttlecock (bulu) tersebut.

Perihal awal mula dan asal permainan bulu tangkis, berbagai pendapat muncul. Pendapat pertama menjelaskan bahwa permainan ini berasal dan berkembang di Mesir kuno pada 2000 tahun yang lalu. Pendapat selanjutnya mengatakan bahwa permainan ini berasal dari India dan daratan Tiongkok.

Berkembangnya permainan bulu tangkis ini dikenal luas oleh msyarakat dunia adalah pada abad pertengahan di Inggris, yaitu dari sebuah permainan tradisional anak-anak setempat yang bernama Battledore dan Shuttlecocks.

Permainan tradisional ini sangat populer di kalangan masyarakat hingga pada akhirnya sebuah majalah bernama “Punch” mempublikasikan permainan ini.

Tujuan permainan bulu tangkis adalah mengumpulkan angka sampai 21. Pemain yang telah lebih dulu mengumpulkan poin atau angka hingga 21 adalah pemenangnya. Pemain bulu tangkis dibedakan menjadi paratai tunggal dan partai ganda. Partai tersebut dapat dimainkan oleh putra maupun putri. Selain itu, partai ganda juga dapat dimainkan secara ganda campuran.

Peraturan yang digunakan daalam permainan bulu tangkis harus sesuai dengan peraturan IBF. Kebijakan ini tidak hanya berlaku bagi perlengkapan dan peralatan yang digunakan saja, melainkan partai yang berkepentingan juga harus mengikutinya. Misalnya produsen peralatan.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis ada banyak teknik dasar yang harus dikuasai guna menjadi modal awal atau dasar untuk menjadiseorang pemain bulu tangkis profesional. Berikut ini merupakan tekni-tekni dasar dalam permainan bulu tangkis.

Cara Memegang Raket (Grip)

Teknik yang paling dasar dalam permainan bulu tangkis adlaah cara memegang raket atau grip.
Cara memegang raket adalah faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kualitas pukulan yang dihasilkan. Seorang pemula yang baru belajar bermain bulu tangkis harus benar-benar menguasai teknik dasar ini terlebih dahulu guna mampu melanjutkan ke teknik dasar permainan bulu tangkis berikutnya. Jenis memegang raket atau grip dalam permainan bulu tangkis dibedakan menjadi 2 macam, yaitu sebagai berikut.

Pegangan forehand

Cara memegang raket secara forehand adalah :

  • Pegang raket dengan tangan kiri, kepala raket menyamping. Raket dipegang seperti sedang “jabat tangan”. Bentuk “V” tangan diletakkan pada bagian gagang raket.
  • Tiga jari, yaitu jari tengah, jari manis, dan kelingking menggenggam raket, sedangkan jari telunjuk agak terpisah.
  • Letakkan ibu jari di antara tiga jari dan telunjuk.
Pegangan backhand

Cara memegang raket secara backhand adalah geser “V” tangan ke arah dalam. Letaknya di samping dalam, kemudian bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.

Footwork

Fungsi gerakan footwork adalah sebagai penyangga tubuh guna menempatkan badan dalam posisi yang memungkinkan untuk melakukan gerakan pukulan yang efektif. Agar mampu memukul dengan posisi yang baik, seorang pemain harus mempunyai kecepatan gerak. Kecepatan gerak kaki tidak dapat dicapai apabila gerakan kaki tidak teratur.

Hitting position

Posisi memukul bola atau kerap disebut dengan preparation. Waktu sekian detik yang ada pada masa persiapan ini juga dipakai guna menentukan pukulan apa yang akan dilakukan. Oleh sebab itu, posisi persiapan ini sangat penting dilakukan dengan baik dalam upaya menghasilkan pukulan berkualitas. Berikut ini merupakan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hitting position.

Overhead Untuk Pegangan Tangan Kanan

Berikut ini merupakan cara untuk melakukan overhead pegangan tangan kanan.

  • Posisi badan menyamping arah net.
  • Kaki kanan berada di belakang kaki kiri.
  • Saat memukul bola harus terjadi perpindahan beban berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
  • Posisi badan harus selalu berada di belakang bola yang akan dipukul.
  • Untuk Pukulan Underhand Net
  • Berikut ini merupakan cara pukulan underhand net.
  • Salah satu kaki berada di depan.
  • Lutut kaki kanan dibengkokkan, sehingga paha bagian bawah agak turun.
  • Kerendahannya sesuai dengan ketinggian bola yang akan dipukul.
  • Sedangkan, saat bola dipukul posisi kaki kiri harus tetap berada di belakang dan hanya bergeser ke depan sedikit.

Baca Juga : Pengertian Iman Kepada Rasul Allah | Tugas, Dalil Naqli, Fungsi, Hikmah, dan Sifat Rasul

Servis

Servis adalah pukulan pertama untuk mengawali permainan bulutangkis. Servis juga dilakukan setelah bola mati. Jika terjadi kesalahan dalam servis maka akan menguntungkan lawan di antaranya poin untuk lawan apabila servis menyangkut atau gerakan servis salah.

Teknik jenis ini harus mendapatkan perhatian utama sebelum memberikan teknik yang lain dalam permainan bulu tangkis. Jenis sevis dalam permainan bulu tangkis dibedakan menjadi 3 macam, yakni servis pendek, servis tinggi, dan flickatau servis setengah tinggi. Umumnya servis digabungkan ke dalam jenis atau bentuk yakni servis forehand dan backhand. Masing-masing jenis servis bervariasi pelaksanaanya sesuai dengan situasi permainan di lapangan.

Servis forehand
Servis Forehand Pendek

Tujuan servis pendek adalah guna memaksa lawan supaya tidak dapat melakukan serangan, sehingga lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan. Berikut ini merupakan cara melakukan servis forehand.

Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek.
Saat perkenaan kepala (daun) raket dan kok, posisi siku dalam keadaan bengkok guna menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan, dan perhatikan peralihan titik berat badan Anda.

Servis Forehand Tinggi

Servis forehand tinggi umumnya digunakan dalam permainan tunggal. Berikut ini merupakan cara yang digunakan untuk melakukanservis forehand tinggi.

Kok harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh. Penggunaan tenaga penuh ini berfungsi supaya kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan.

Pada saat memukul kok, kedua kaki dibuka selebar bahu dan kedua kaki senantiasa kontak dengan lantai.

Perhatikan gerakan ayunan raket. Lakukan dengan sempurna serta diikuti oleh gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang ke kaki depan yang harus berlangsung kontinu dan harmonis.

Sebelum memukul kok kita sebaiknya berkonsentrasi.

Servis backhand

Servis backhand umumnya digunakan dalam permainan ganda. Berikut ini merupakan cara melakukan servis backhand.

  • Salah satu kaki di depan, ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan.
  • Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan, sedangkan sikap badan tetap rileks dan konsentrasi.
  • Ayunan raket relatif pendek, sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan, dengan irama gerak kontinu dan harmonis.
  • Arahkan bola dengan tepat.

Underhand

Guna bisa melakukan teknik pukulan dari bawah atau underhand adalah kita harus terampil berlari dengan langkah lebar, kaki kanan berada di depan kaki kiri guna menjangkau jatuhnya kok. Dalam sikap menjangkau ini, siku dalam keadaan bengkok dan pertahankan sikap tubuh tetap tegak, sehingga lutut kanan dalam keadaan tertekuk. Berikut ini merupakan fungsi teknik pukulan dari bawah.

Guna mengembalikan pukulan pendek atau permainan net lawan.

Sebagai cara bertahan akibat pukulan serang lawan. Jika kita berada salam situasi tertekan dalam permainan bulu tangkis, kita harus melakukan pukulan penyelamatan dengan cara mengangkat kok tinggi ke daerah belakang lapangan lawan.

Pukulan dasar ini bisa dilakukan dengan teknik pukulan forehand dan backhand.

Berikut ini merupaka cara yang digunkan dalam melakukan pukulan underhand.

  • Pegangan raket forehand untuk underhand forehand, sedangkan pegangan backhand untuk underhand backhand.
  • Pergelangan tangan agak bengkok ke belakang, siku juga agak bengkok.
  • Sambil melangkahkan kaki kanan ke depan, ayunkan raket ke belakang lalu pukul bola dan pada saat perkenaan bola, posisi tangan lurus.
  • Bola dipukul kira-kira dekat kaki kanan bagian luar.
  • Posisi akhir raket sesuai arah bola.

Overhead clear atau Lob

Pukulan lob adalah pukulan jauh dengan hasil pukulan melambung. Pukulan overhead clear (pukulan lob) harus benar-benar dikuasai, sebab pukulan jenis ini sama dengan beberapa pukulan lainnya. Pukulan lob dibedakan menjadi macam, yaitu sebagai berikut.

  • Deep lob/clear adalah pukulan yang bolanya tinggi ke belakang;
  • Attacking lob/clear adalah pukulan yang bolanya tidak terlalu tinggi.

Berikut ini merupakan cara melakukan pukulan lob.

  • Gunakan pegangan forehand, pegang raket di samping bahu.
  • Badan menyamping ke arah net.
  • Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri dan pada saat memukul bola, harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
  • Posisi badan harus selalu berada di belakang bola saat memukul.
  • Bola dipukul seperti gerakan melempar.
  • Pada saat perkenaan bola, tangan harus lurus.
  • Posisi akhir raket mengikuti arah bola, lalu dilepas, sedang raket jatuh di depan badan.
  • Lecutkan pergelangan (raket) saat perkenaan dengan bola.

Smash

Smash adalah jenis pukulan yang keras dan tajam. Pukulan smash bertujuan untuk memetikan lawan secepat-cepatnya.

Pukulan smash dapat dilakukan pada sikap diam atau berdiri maupun sambil loncat atau king smash. Pemainharus menguasai teknik smash ini dengan sempurna. Salah satu manfaat pukulan smash adalah meningkatkan kualitas permainan. Manfaat ini sangat besar. Berikut ini merupakan teknik pukulan smash.

  • Perhatikan pegangan raket.
  • Sikap badan harus tetap lentur, kedua lutut dibengkokkan dan tetap berkonsentrasi pada kok.
  • Perkenaan raket dan kok di atas kepala dengan cara meluruskan lengan untuk menjangkau kok itu setinggi mungkin dan pergunakan tenaga pergelangan tangan pada saat memukul kok.
  • Lakukan gerak lanjutan dengan mengayun raket yang sempurna ke depan badan.

Dropshot

Pukulan dropshot adalah jenis pukulan yang meluncurkan kok ke daerah lawan sedekat mungkin dengan net. Karakteristik pukulan dropshot adalah kok atau shuttlecock senantiasa jatuh di dekat jaring didaerah lapangan lawan. Apabilaabola jatuh dekat dengan net dan tidak melewati garis ganda, maka dropshot tersebut aadalah dropshot yang baik.

Pukulan dropskot harus menggunakan perasaan agar jatuhnya kok sedekat dan setipis mungkin dengan garis serang lapangan lawan. Faktor yang memengaruhi pukulan dropshot adalah pegangan raket, gerak kaki yang cepat, posisi badan, dan proses perpindahan berat badan yang harmonis pada saat memukul.

Berikut ini adalah cara-cara yang dilakukan dalam pukulan dropshot.

  • Gunakan pegangan forehand.
  • Posisi dan pegang raket di samping bahu.
  • Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net, posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri. Pada saat memukul bola, harus terjadi perpindahan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.
  • Posisi badan harus selalu berada di belakang bola.
  • Pada saat perkenaan bola, tangan harus lurus menjangkau bola dan dorong dengan sentuhan halus.
  • Posisi akhir raket mengikuti arah bola.
  • Perhatikan gerak langkah dan keseimbangan badan pada saat dan setelah memukul kok.

Netting

Netting adalah pukulan pendek yang dilakukan di depan net dan diarahkan ke depan net di daerah lapang lawan.

Netting memiliki karakteristik, diantaranya adalah kok senantiasa jatuh bergulir sedekat mungkin dengan jaring atau net di daerah lapangan lawan. Faktor yang memengaruhi pukulan netting adalah koordinasi gerak kaki, lengan, keseimbangan tubuh, posisi raket, dan kok saat perkenaan, dan daya.

Berikut ini merupakan cara yang digunakan untuk melakukan pukulan netting.

  • Pegangan raket forehand untuk forehandnet, sedangkan backhand untuk backhand samping net atau jaring.
  • Posisi siku agak bengkok dan pergelangan ditekuk sedikit ke belakang.
  • Pada saat memukul, kaki kanan berada di depan dan bola dipukul pada posisi setinggi mungkin.
  • Sesaat sebelum perkenaan bola, buat tarikan kecil dan pergelangan tangan. Pukullah bola pada bagian lengkung kanan dan kiri sampai pada bagian bawah bola. Akhir kepala raket menghadap atau sejajar dengan langit-langit.

Drive

Pukulan drive adalah jenis pukulan yang cepat dan mendatar. Umumnya pukulan drive digunakan dalam permainan ganda. Pukulan drive bertujuan guna menghindari lawan menyerang atau sebaliknya memaksa lawan mengangkat bola dan berada pada posisi bertahan. Pukulan drive memerlukan kekuatan otot bahu dan juga gunakan lecutan pergelangan pada saat bola dipukul.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Lapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang. Bentuk persegi panjang tersebut kemudian dibagi menjadi 2 bidang, yakni bidang permainan yang saling berhadapan dan terpisah dengan net yang membentang di tengah.

Pada permaian bulu tangkis, ada beberapa garis pada masing-masing bidang tersebut. Garis tersebut meliputi garis servis depan, garis servis tengah, garis servis samping (untuk permainan tunggal) sisi kiri dan kanan, dan garis servis belakang (untuk permainan ganda).

Garis-garis tersebut memiliki ketebalan sekitar 40 mm. Warna garis pada lapangan bulu tangkis harus berwarna kontra dengan warna lapangan, seperti warna kuning atau putih.

Bahan yang digunakan dalam permukaan lapangan bulu tangkis adalah bahan sintetis yang lunak dan kayu serta dan tidak dibolehkan untuk menggunakan permukaan lapangan yang bahannya terbuat dari bahan sintetis yang keras dan beton karena dapat mengakibatkan para pemain cidera.

Berikut ini merupakan ukuran internasional lapangan bulu tangkis yang ditetapkan standar internasional.

  • Panjang lapangan badminton adalah 13,40 m.
  • Lebar lapangan badminton 6,10 m.
  • Jarak garis servis depan dari garis net 1,98 m.
  • Jarak garis servis tengah dari garis samping lapangan 3,05 m.
  • Jarak garis servis belakang (untuk permainan ganda) dari garis belakang lapangan 0,76 m.
  • Jarak garis samping permainan tunggal dari garis pinggir lapangan 0,46 m.
  • Tinggi tiang net 1,55 m.
  • Tinggi net 1,52 m.

Selain ukuran internasional, ada juga ukuran lapanagn kecil atau mini yang biasanya digunakan untuk anak-anak berusia dibawah 9 tahun. Panjang lapangan kecil atau mini tersebut adalah sekitar 10.05 meter, sedangkan lebarnya adalah 4,40 meter.

Setiap ukuran lapangan bulu tangkis berbeda-beda, tergantung pada julah pemain.

Lapangan Bulu Tangkis Untuk Partai Tunggal

Dalam permainan partai tunggal, lebar area atau bidang permainan lebar area permainan menggunakan garis lapangan samping bagian dalam dan dalam panjangnya memakai garis belakang bagian luar. Sedangkan area permainan partai ganda untuk lebar permainan memakai garis luar bagian samping dan panjangnya menggunakan garis belakang bagian luar.

Dibawah ini merupakan ukuran lapangan bulu tangkis untuk partai tunggal.

  • Panjang bidang permainan adalah 13,40 m.
  • Lebar bidang permainan adalah 5,18 m.
  • Panjang bidang penerima servis adalah 4,72 m.
  • Lebar bidang penerima servis adalah 2,59 m.
  • Lapangan Bulu Tangkis Untuk Partai Ganda

Dalam permainan partai ganda, lebar area permainannya menggunakan garis lapangan samping sisi dalam sedangkan dalam panjangnya memakai garis belakang sisi luar. Lebar area permainan partai ganda menggunakan garis luar sisi samping dan dalam panjangnya memenggunakan garis belakang bagian luar.

Dibawah ini adalah ukuran lapangan bulu tangkis dalam permainan partai ganda.

  • Panjang bidang permainan adalah 13,40 m.
  • Lebar bidang permainan adalah 6,10 m.
  • Panjang bidang penerima servis adalah 3,96 m.
  • Lebar bidang penerima servis adalah 3,05 m.

Baca Juga : Pengertian Tendangan Bebas dan Jenis-Jenisnya !

Perlengkapan yang Digunakan Dalam Permainan Bulu Tangkis

Berikut ini merupakan beberapa perlengkapan yang digunakan dalam permainan bulu tangkis.

Raket

Raket secara tradisional terbuat dari bahan kayu. Sekarang ini pembuatan raket juga menggunakan bahan pilihan seperti alumunium atau logam ringan. Hampir seluruh raket pemain bulu tangkis profesional terbuat dari komposit serat karbon (plastik bertulang grafit).

Serat karbon mempunyai kekuatan hebat dalam perbandingan berat, kaku, serta memberi perpindahan energi kinetik yang hebat. Akan tetapi, beberapa model rendahan masih memakai baja atau aluminium untuk sebagian atau keseluruhan bahan raket.

Senar

Senar adalah salah satu alat atau perlengkapan yang sangat diperhatikan dalam permainan bulu tangkis. Jenis senar mempunya beberapa ciri-ciri yang berbeda satu sama lainnya. Kuat dan koko atau keawetan senar tergantung pada kinrjanya. Umunya senar memiliki ketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30+ lb.

Kok (shuttlecock)

Bola yang digunakan dalam permainan bulu tangkis dinamakan dengan kok. Kok terbuat dari rangkaian bulu angsa yang disusun membentuk kerucut terbuka, dengan pangkal berbentuk setengah bola yang terbuat dari gabus. Sekarang ini ada juga kok yang terbuat dari bahan plastik.

Sepatu

Perlengkapan yang dibutuhkan dalam permainan bulu tangkis selanjutnya adalah sepatu. Sepatu digunakan untuk melakukan percepatan sepanjang lapangan. Sepatu bulu tangkis memerlukan sol karet yang berfungsi untuk cengkraman yang baik. Selain itu, terdapat pula dinsing sisi yang bertulang pada sepatu yang berfungsi agar tahan lama selama tarik menarik yang dilakukan.

Selain memberi dampak positif, sepatu juga memiliki dampak negatif berupa menyebabkan agak banyak stres atau ketegangan pada lutut dan juga pergelangan kaki.

Itulah pengertian bulu tangkis yang dapat mimin sampaikan. Terimakasih yaa sobat sudah mau berkunjung ke blog kami di Sumberpengertian.co. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan sobat.

Uncategorized

Produsen Easton Arrow Platinum Set Pcs 1616

Produsen Easton Arrow Platinum Set Pcs 1616

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

  1. Melatih daya fokus

Olahraga panahan memang dapat melatih daya fokus, Bayangkan saja ketika kita olah raga panahan pasti pikiran kita harus sesuai dengan gerak tangan dengan demikian olahraga panah hal ini secara tidak langsung dapat melatih daya fokus kita yaitu daya fokus antara pikiran emosi dan gerak psychomotoric.  Olahraga panahan ini memang bagus untuk melatih daya fokus seseorang, sehingga tidak heran orang yang memiliki atau orang yang sering melakukan olahraga panahan ini memiliki daya fokus yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak pernah melakukan olahraga. (baca juga: manfaat olahraga , Manfaat Olahraga Paintball)

  1. Membentuk tubuh agar bagus

Tidak hanya melatih daya fokus aja tetapi dengan gerakan gerakan tangan olahraga panahan ini dapat membentuk tubuh agar tubuh tergantung dengan bagus, kebanyakan bentuk tubuh yang bagus lebih ditunjang Karena melakukan pemanasan sebelum olahraga panahan, tentu olahraga yang dilakukan atau pemanasan yang dilakukan sebelum melakukan panahan Bukankah gerakan-gerakan yang sekadarnya, tetapi gerakan-gerakan tersebut gerakan-gerakan yang dapat melenturkan tangan kaki dan lain sebagainya. (Baca Juga:  Manfaat Badan di Kop , Manfaat Badan Diurut)

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat ketiga dari olahraga panahan adalah dapat meningkatkan percaya diri, Mengapa demikian ? secara tidak langsung seseorang yang dapat memanah memiliki daya tarik tersendiri, baik itu bagi seorang laki-laki maupun bagi seorang perempuan. Orang yang jago memanah cenderung memiliki kepercayaan diri yang kuat dan sangat tampak. Karena dalam melakukan panahan memang haruslah memiliki kepercayaan diri yang kuat. (baca juga: manfaat hidup mandiri – manfaat berfikiran positif)

  1. Menambah Ketenangan

saat Seorang melakukan olahraga panahan, Iya tentu akan memfokuskan dirinya arah yang dituju atau sasaran memanah, Hal ini tentu akan menambah ketenangan bagi mereka yang melakukan olahraga memanah. (baca juga: manfaat meditasi)

  1. Menambah Keberanian

Tidak hanya rasa percaya diri yang harus dimiliki mereka yang melakukan olahraga memanah tetapi keberanian pula dibutuhkan untuk melakukan olahraga memanah ini, keberanian yang dibutuhkan adalah keberanian untuk mencoba, mencoba untuk memanah sasaran meskipun bagi orang-orang yang melakukan pada awal olahraga pemanahan ini belum tentu bisa memanah dengan tepat. Namun tanpa dicoba terlebih dahulu hal ini tidak akan diketahui Apakah seseorang memiliki kemampuan untuk memanah atau tidak, Jadi tentu seseorang yang menginginkan olahraga memanah harus memiliki keberanian yang baik. (Baca Juga: baca juga : Manfaat susu kedelai– Manfaat buah naga)

  1. Membuat Jantung Sehat

Selain memiliki manfaat yang lebih pada manfaat psikologi, ternyata manfaat panahan adalah dapat menjaga jantung. Yang sayang pada diri sendiriBagi mereka haruslah memiliki kemauan untuk menjaga diri terutama menjaga jantung, karena kita ketahui bahwa jantung merupakan organ yang cukup penting pada tubuh. (Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah Untuk Jantung

  1. Melatih Emosi

Selain dibutuhkannya kesabaran dalam memanah ternyata dengan latihan olahraga memanah juga dapat digunakan untuk melatih emosi pada diri Anda. Sebab jika seorang pemanah tidak melatih emosinya maka pemanah tersebut jarang berhasil atau bahkan tidak akan mencapai keberhasilan nya. Untuk itu bagi Anda yang sering melakukan olahraga panahan juga akan mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut salah satunya emosi anda akan terlatih. (Baca Juga: Manfaat Memiliki Perilaku Kejujuran)Melatih Berfikir Positif

Selain melatih emosi olahraga panahan juga dapat digunakan untuk melatih berpikir positif, sama halnya seperti anda sedangkan positif yang harus ada pada diri anda bahwa anda akan mengenai sasaran. Sehingga dengan melakukan olahraga tanah dapat melatih anda untuk berpikir positif dalam kehidupan sehari-hari. (baca juga : manfaat berfikiran positif)

Mengeluarkan Racun

Racun yang ada pada tubuh kita dapat dikeluarkan saat kita mengeluarkan keringat, untuk itu saat kita melakukan olahraga panahan pasti kita akan mengeluarkan keringat sehingga racun-racun yang ada dalam tubuh kita akan keluar bersama keringat yang kita keluarkan dari tubuh kita. Dengan begitu kita akan terhindar dari racun-racun yang akan menyebabkan penyakit dalam diri kita. (Baca Juga: Mengeluarkan Racun dalam Tubuh)

Sama halnya seperti fungsi berolahraga, ternyata dengan berolahraga juga dapat menambah peningkatan daya tahan tubuh. Sebab dengan melakukan olahraga panahan Sama halnya kita melakukan olahraga lainnya. Yang terpenting adalah tubuh kita melakukan aktivitas sehingga tubuh kita mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh melalui keringat. (Baca Juga: Manfaat Olahraga Terjun Bebas)Melatih Keseimbanga

Seseorang yang handal dalam memanah maka dia akan memiliki keseimbangan yang tinggi. Untuk itu Mengapa seseorang pemanah yang handal pasti dapat tepat pada sasaran. Hal ini disebabkan karena seorang pemanah yang handal sudah dapat melatih keseimbangannya. Untuk itu bagi anda yang sering berolahraga panahan salah satu manfaatnya Anda dapat melatih keseimbangan anda, tidak hanya dalam hal memanah tapi dengan rajin melatih keseimbangan anda itu juga akan membantu anda dalam melakukan kehidupan sehari-hari. (Baca Juga: Manfaat Hipnoterapi  , Manfaat Bermain Catur Bagi Fungsi Otak)

Uncategorized

Distributor Matras Senam Uk.150cm X 170cm X 15cm

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

olahraga yoga dan juga pilates memang akan memerlukan matras yoga sebagai salah satu perlengkapan yang wajib digunakan. Matras ini berbentuk seperti karpet dengan ukuran kecil yang cukup untuk berbaring satu orang dewasa di atasnya. Biasanya didesain dengan warna yang menarik dan segar sebab kegiatan olahraga memang baiknya dimulai dengan perasaan bahagia. Namun fungsi atau manfaat dari matras ini bukan sekedar sebagai pemanis dan membantu memperbaiki mood Anda setiap kali melakukan yoga maupun pilates.

Manfaat Memakai Matras Saat Yoga Ataupun Pilates

Akan tetapi lebih daripada itu, pasalnya pemakaian matras selama menikmati olahraga jenis ini ada banyak dan berikut beberapa diantaranya:

  • Membuat pijakan kaki lebih kuat,

Fungsi atau manfaat utama dari penggunaan matras selama beryoga adalah untuk traksi, yakni memastikan kaki mendapatkan tumpuan yang tepat. Sehingga kaki menjadi lebih kuat dan bisa berdiri maupun mengatur posisi yoga dengan baik. Anda pun bisa semakin mudah mengikuti gerakan yang diarahkan oleh instruktur, sehingga bisa lebih percaya diri dan semangat untuk melakukan yoga berikutnya.

  • Membantu menghangatkan kaki selama olahraga,

Olahraga seperti yoga dan juga pilates biasanya dilakukan di dalam ruangan yang sengaja diatur memiliki suhu yang sejuk. Bisa karena menyalakan AC di studio yoga ataupun berada di ruangan yang ventilasinya bagus dan lingkungan sekitarnya banyak ditumbuhi tanaman serta ada elemen air. Misal berupa kolam ikan sehingga memberi sensasi sejuk, hanya saja kondisi ini bisa membuat tubuh kedinginan. Maka matras yoga bisa membantu mendapatkan kehangatan karena kaki dan tubuh tidak bersentuhan langsung dengan lantai yang dingin.

  • Meningkatkan kenyamanan tubuh,

Manfaat menarik dari matras ini adalah menjadi bantalan Anda ketika melakukan yoga maupun pilates. Sehingga punya manfaat sebagai pembatas antara tubuh Anda dengan lantai, yang tentu ketika memakainya bisa memberikan rasa nyaman secara maksimal. Mengapa? Sebab selain menjaga suhu tubuh tetap hangat Anda pun tidak perlu merasakan kerasnya lantai. Sebab matras dibuat dari bahan yang empuk namun tetap tipis untuk menjaga tubuh supaya bisa berdiri seimbang. Kenyamanan ini tentu sangatlah penting karena bisa membuat kegiatan yoga terasa menyenangkan.

  • Meningkatkan dan menjaga keseimbangan,

Karena matras ini berfungsi sebagai bantalan maka ketika melakukan gerakan yoga dan pilates jenis apapun Anda tidak akan mengalami kesulitan. Matras ini didesain dengan keunikan tersendiri, yakni dimulai dari materialnya yang cenderung empuk. Sehingga membuat pijakan kaki Anda terasa lebih nyaman dan menghindari resiko tumit, engsel, maupun paha terasa sakit setelah melakukan yoga. Anda pun bisa dengan mudah berdiri dengan satu kaki atau lainnya karena matras yoga membantu Anda menyeimbangkan posisi tubuh.

Uncategorized

Jual ADIDAS Poomsae TKD Uniform HIGH LEVEL Murah

Jual ADIDAS Poomsae TKD Uniform HIGH LEVEL Murah

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Kalian tentu udah sering dengar tentang olahraga bela diri yang namanya taekwondo kan? Ternyata selain buat pertahanan, olahraga ini banyak manfaatnya lho guys! Selain untuk pria, taekwondo juga cocok untuk wanita. Praktisi taekwondo perempuan mendapat manfaat unik dari latihan bela diri ini.

Bentuk pembelaan diri ini akan memperkuat dan memperluas kemampuan perempuan untuk menghadapi risiko sehari-hari, juga akan memberi manfaat berupa kemampuan pertahanan diri, pemberdayaan, peningkatan harga diri, kepercayaan diri, kebugaran, juga pereda stres.

Taekwondo adalah bentuk seni bela diri yang berasal dari Korea dan dipraktekkan di seluruh dunia. Ini menawarkan berbagai manfaat fisik dan mental. Sebagai bela diri untuk memperkuat tubuh, pertahanan diri, dan menurunkan berat badan, taekwondo adalah seni bela diri untuk segala umur. Taekwondo bisa menjadi olahraga individu, olahraga pasangan atau olahraga kelompok. Berikut beberapa manfaat taekwondo yang bisa kita dapatkan:

Disiplin diri

Setiap bentuk seni bela diri membutuhkan disiplin diri dan tekad. Taekwondo menawarkan berbagai gerakan, pola, serangan, tendangan dan pukulan yang membuat pikiran terstimulasi dan tubuh kuat. Taekwondo mengajarkan kita untuk mengendalikan gerakan, menyempurnakan bentuk dan menghafal pola, yang membutuhkan konsentrasi dan fokus.

Latihan fisik

Taekwondo menyediakan segala macam manfaat olahraga, mulai dari peregangan hingga gerakan aerobik. Terlepas dari tingkat kebugaran fisik kita saat ini, pemula di taekwondo mempelajari gerakan dasar yang secara bertahap memperkuat dan memberi warna pada tubuh, meningkatkan fleksibilitas dan stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Setiap pola di taekwondo dibangun berdasarkan dasar-dasar pola sebelumnya, secara bertahap menawarkan peningkatan tantangan mental dan fisik bagi petarung. Pengencangan otot dan penguatan, rentang gerak sendi, keseimbangan dan daya tahan membaik saat kita menyempurnakan kemampuan dan kemampuan taekwondo. Seiring tingkat latihan dan kemajuan keterampilan kita, kita akan memiliki lebih banyak energi, kekuatan, koordinasi dan daya tahan.

Pertahanan diri

Taekwondo berfokus pada tendangan dan serangan dengan kaki dan tangan, namun juga menawarkan kesempatan untuk mempelajari pemblokiran dan tindakan mengelak yang bisa membantu melepaskan kita dari situasi berbahaya. Seiring kemajuan kita melalui latihan taekwondo, kita akan bisa bergerak dari posisi defensif dan menghalangi langkah ke tahap paling maju dari bentuk bela diri yang mengkondisikan tubuh dan meningkatkan tingkat kewaspadaan untuk menghindari atau menghadapi berbagai keadaan, dengan menggunakan kekuatan ringan, sedang atau berat, sesuai kebutuhan.

Koordinasi dan fleksibilitas

Banyak gerakan di taekwondo memerlukan tingkat fleksibilitas dan jangkauan gerak tertentu. Misalnya, gerak taekwondo membutuhkan kekuatan inti dan tulang belakang untuk gerakan menendang tegak. Rentang gerak pinggul dan bahu juga penting, seperti keseimbangan. Apakah menyeimbangkan satu kaki, melakukan tendangan depan atau samping, atau melakukan serangan, banyak gerakan mengharuskan kerja sama antara kaki dan tangan kita.

Uncategorized

Go-Up Ring Basket Portable Hydrolic Pro Murah

ual Go-Up Ring Basket Portable Hydrolic Pro Kompetisi Murah

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Siapa yang suka bermain basket? Setiap pemain pasti berlomba-lomba memasukan bola ke dalam ring lawan agar memenangkan pertandingan. Eits… tapi, kenapa di ring bola basket ada jaring, ya?

Baca juga:Tips Menjadi Pemain Basket Hebat

Jaring itu disematkan agar mempermudah wasit, pemain, dan penonton memastikan bola yang masuk ke dalam ring. Jaring ring basket memiliki bentuk yang mirip corong sehingga terayun bila dilewati bola.

Teman-teman coba bayangkan. Dengan diamter yang hanya mencapai 45 cm, ring bola basket terlihat kecil jika dilihat dari kejauhan.

Baca juga: 5 Olahraga Unik dan Aneh

Sementara, wasit dan pemain lain tidak selalu berada di dekat ring. Selain itu, penonton juga tidak semuanya duduk di dekat lapangan. Pasti tidak mudah melihat bola yang masuk ke dalam ring. 

Nah, itulah sebabnya kenapa di ring bola basket ada jaring. Yuk, ajak teman-temanmu main bola basket

Call Now ButtonKlik to Call
× Chat With Me