Uncategorized

Produsen JC Normal Quality POOM Belt Grosir

Produsen JC Normal Quality POOM Belt Grosir

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Seragam Taekwondo terdiri dari Dobok (baju dan celana) dan Ti (Sabuk). 
Berawal warna dobok hanya  putih, dan pada tahun 1970-an, mulai dibedakan seragam bagi penyandang sabuk hitam (DAN) dengan memakai kerah leher Hitam.Model dan bentuk seragam Taekwondo mengilhami dari pakaian tradisional Korea yang disebut dengan Han Dobok. Han Dobok terdapat 3 unsur bentuk yaitu lingkaran (Won), persegi empat (Bang) dan segitiga (Kak), yang masing-masing menyimbolkan Langit/Surga, Bumi, dan Manusia yang merupakan 3 unsur alam semesta (Samilshingo).Di Korea terdapat bentuk Um-Yang atau nama lain Yin-Yang.  Nama Yin sebagai Bumi dan Yang sebagai Langit yang merupakan Makrokosmosnya sedangkan Mikrokosmos-nya adalah Manusia, dari seragam yang ada maka celana dan bajunya menggambarkan bumi dan langit sedangkan sabuk mengambarkan jati diri pemakainya.Untuk dobok standar, ada tiga macam yaitu :1. Kerah Putih
    Digunakan untuk pesarta penyandang sabuk warna (putih hingga merah strip dua)
2. Kerah Hitam-Merah
    Digunakan untuk peserta penyandang sabuk Poom,
    Tingkat Poom adalah jenjang setelah merah strip dua tetapi masih Junior usianya.
3. Kerah Hitam
    Digunakan untuk peserta penyandang sabuk Hitam,
    Tingkat DAN adalah jenjang setelah merah strip dua tetapi Sudah Senior usianya.

Seragam Taekwondo Poomsae

 Untuk dobok standar, ada tiga macam yaitu :
1. Kerah Putih
    Digunakan untuk pesarta penyandang sabuk warna (putih hingga merah strip dua)
2. Kerah Hitam-Merah
    Digunakan untuk peserta penyandang sabuk Poom,
    Celana Merah untukWanita
    Celana Biru untuk Pria
    Tingkat Poom adalah jenjang setelah merah strip dua tetapi masih Junior usianya.
3. Kerah Hitam
    Digunakan untuk peserta penyandang sabuk Hitam,
    Baju Putih, Celana Biru Tua untuk DAN 1-6 Pria
    Baju Putih, Celana Biru Muda untuk DAN1-6 Wanita
    Baju Kuning, Celana Biru Tua untuk DAN 7-9
    Tingkat DAN adalah jenjang setelah merah strip dua tetapi Sudah Senior usianya.

Uncategorized

Produsen Bola Penjas Lokal Grosir

Produsen Bola Penjas Lokal Grosir

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

A. PENGERTIAN
Sepak bola merupakan permainan beregu, masing-masing regu terdiri dari sebelas orang pemain. Permainan sepak bola dimainkan dalam dua babak (2 x 45 menit) dengan waktu istirahat yaitu 10 menit diantara dua babak tersebut.
B. TUJUAN 

Permainan sepak bola dilakukan dengan tujuan untuk memasukan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri  agar tidak kemasukan bola.
C. Posisi/susunan Pemain dalam permainan sepak bola

  1. Penjaga gawang 
  2. Gelandang kanan  
  3. Bek kanan
  4. Bek kiri 
  5. Gelandang tengah 
  6. Gelandang kiri 
  7. Kanan luar 
  8. Kanan dalam 
  9. Penyerang tengah 
  10. Kiri dalam 
  11. Kiri luar 

D. MANFAATSepakbola mungkin mempunyai manfaat kesehatan yang tidak ada dalam olahraga yang lain seperti berikut : 

  1. Membangun dan Memperkuat Otot. Bermain sepak bola dapat membantu membangun dan memperkuat otot, khususnya otot kaki, paha, perut, dan dada. Dan, membangun serta membentuk otot merupakan cara tepat untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan juga dapat membantu meningkatkan kinerja atletik. 
  2. Menjadikan Anda Lincah & Fleksibel. Saat bermain bola, Anda dituntut untuk bergerak ke sana ke mari dengan begitu cepat. Nah, gerakan cepat saat bermain sepak bola itu akan membantu Anda menjadi lebih lincah dan fleksibel. Kaki, dada, dan lengan akan menjadi lebih fleksibel.
  3. Mengontrol Berat Badan. Dapat dipastikan bahwa Antakkan pernah menemui pemain atau seseorang yang hobi dan rutin bermain sepak bola memiliki badan yang gemuk. Hal itu disebabkan karena jenis olahraga ini dapat membantu mereka kehilangan sejumlah besar lemak di tubuh melalui proses pembakaran kalori dan lemak. Karenanya, sepak bola tampaknya bisa jadi pilihan bagi Anda yang bermasalah dengan berat badan.
  4. Kebugaran Kardiovaskular dan Aerobik. Dalam sepak bola, seorang pemain dituntut untuk terus berlari mengejar bola selama 90 menit. Dan, berdasarkan riset ilmuwan dari  University Kopenhagen yang dipublikasikan dalam Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports, ternyata hal itu sangat bermanfaat dalam meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan aerobik. Dalam kajiannya, Jens Bangsbo dan rekannya sesame ilmuwan meminta seorang wanita yang sebelumnya tak pernah bermain sepak bola untuk mencoba sepak bola dua kali seminggu selama satu jam. Hasilnya, ditemukan bahwa ada perbaikan yang signifikan dalam pengambilan oksigen maksimal, peningkatan kecepatan lari, dan daya tahan.
  5. Sepak Bola Bikin Tinggi  Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk meninggikan badan. Gerakan lari dan melompat pada permainan ini melatih tulang kaki yang akhirnya merangsang pertumbuhan. Menurut Riset yang dipublikasikan oleh journal of Bone Mineral Research, pria dengan rutinitasnya main bola bakal memiliki tingkat kepadatan tulang 1.3 kali lebih tinggi. Kepadatan tulang yang tinggi meminimalisir terjadinya osteoporosis, yang membuat badan lebih membungkuk. Jadi dengan main bola secara teratur saja kamu bisa meninggikan badanmu dan mencegah badan bungkuk karena osteoporosis
  6. Kebugaran Tubuh  Coba ukur VO2max (biar kayak pemain timnas) dan temanmu yang jarang main sepak bola, lalu coba ajak temanmu tadi gabung latihan 2 kali seminggu, kemudian ukur lagi VO2max temanmu tadi. Menurut Jens Bangsbo dan rekannya yang dipublikasikan pada tulisan “Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports” orang yang bermain bola akan memiliki perbaikan VO2max yang signifikan ditambah dengan kecepatan lari dan kebugaran tubuh. Coba deh setelah temanmu kamu ajak latihan sepak bola lalu periksa VO2maxnya, mudah-mudahan bener, jadi kamu sudah memperbaiki hidup temanmu itu, horee..
  7. Otot Menjadi Kuat  Menurut saya karena main  Bermain sepak bola memang meningkatkan kekuatan otot, mulai dari otot kaki, paha, perut dan dada. Otot yang terus dilatih membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak mudah mengalami penyakit persendiaan.
  8. Menjaga Badan Agar Tetap Ideal Tidak salah jika saya ingin mengatakan bahwa main bola itu juga merupakan gabungan jenis olahraga aerobik yang notabene bagus untuk mencegah kegemukan. Ketika anda bermain sepak bola, anda juga lari dan melompat. Kegiatan semacam itu membakar kalori yang cukup banyak, sehingga biasanya orang yang hobi banget main sepak bola badannya tidak gemuk.
  9. Melatih Konsentrasi Konsentrasi merupakan hal yang penting dalam sepak bola dan kehidupan, keduanya membutuhkan konsentrasi. Ketika main bola kamu pasti akan mengalami yang namanya menyerang dan bertahan. Ketika kamu kurang konsentrasi kamu bakal membuat blunder yang cukup merugikan tim mu saat itu. Sepak bola juga menguji kecepatan dan ketepatan berfikir, disaat itulah koordinasi antara mata, pikiran dengan anggota tubuh lainnya.
  10. Bersosialisai Akhirnysa sampai pada manfaat ke-enam yang merupakan faktor gaya-gayaan. Dengan main bola kamu bisa bertemu dengan orang lain, relasi, dll. Inilah faktor sosial yang merupakan bagian kehidupan yang tidak bisa dipisahkan dengan kesehatan. Orang yang bersosial panjang umurnya kata orang-orang, ya kadang juga main bersama bisa jadi mendatangkan rezeki yang kadang tak terpikirkan gimana datangnya.
Uncategorized

Produsen Easton Arrow Platinum Set Pcs 1616

Produsen Easton Arrow Platinum Set Pcs 1616

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

  1. Melatih daya fokus

Olahraga panahan memang dapat melatih daya fokus, Bayangkan saja ketika kita olah raga panahan pasti pikiran kita harus sesuai dengan gerak tangan dengan demikian olahraga panah hal ini secara tidak langsung dapat melatih daya fokus kita yaitu daya fokus antara pikiran emosi dan gerak psychomotoric.  Olahraga panahan ini memang bagus untuk melatih daya fokus seseorang, sehingga tidak heran orang yang memiliki atau orang yang sering melakukan olahraga panahan ini memiliki daya fokus yang lebih baik ketimbang mereka yang tidak pernah melakukan olahraga. (baca juga: manfaat olahraga , Manfaat Olahraga Paintball)

  1. Membentuk tubuh agar bagus

Tidak hanya melatih daya fokus aja tetapi dengan gerakan gerakan tangan olahraga panahan ini dapat membentuk tubuh agar tubuh tergantung dengan bagus, kebanyakan bentuk tubuh yang bagus lebih ditunjang Karena melakukan pemanasan sebelum olahraga panahan, tentu olahraga yang dilakukan atau pemanasan yang dilakukan sebelum melakukan panahan Bukankah gerakan-gerakan yang sekadarnya, tetapi gerakan-gerakan tersebut gerakan-gerakan yang dapat melenturkan tangan kaki dan lain sebagainya. (Baca Juga:  Manfaat Badan di Kop , Manfaat Badan Diurut)

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat ketiga dari olahraga panahan adalah dapat meningkatkan percaya diri, Mengapa demikian ? secara tidak langsung seseorang yang dapat memanah memiliki daya tarik tersendiri, baik itu bagi seorang laki-laki maupun bagi seorang perempuan. Orang yang jago memanah cenderung memiliki kepercayaan diri yang kuat dan sangat tampak. Karena dalam melakukan panahan memang haruslah memiliki kepercayaan diri yang kuat. (baca juga: manfaat hidup mandiri – manfaat berfikiran positif)

  1. Menambah Ketenangan

saat Seorang melakukan olahraga panahan, Iya tentu akan memfokuskan dirinya arah yang dituju atau sasaran memanah, Hal ini tentu akan menambah ketenangan bagi mereka yang melakukan olahraga memanah. (baca juga: manfaat meditasi)

  1. Menambah Keberanian

Tidak hanya rasa percaya diri yang harus dimiliki mereka yang melakukan olahraga memanah tetapi keberanian pula dibutuhkan untuk melakukan olahraga memanah ini, keberanian yang dibutuhkan adalah keberanian untuk mencoba, mencoba untuk memanah sasaran meskipun bagi orang-orang yang melakukan pada awal olahraga pemanahan ini belum tentu bisa memanah dengan tepat. Namun tanpa dicoba terlebih dahulu hal ini tidak akan diketahui Apakah seseorang memiliki kemampuan untuk memanah atau tidak, Jadi tentu seseorang yang menginginkan olahraga memanah harus memiliki keberanian yang baik. (Baca Juga: baca juga : Manfaat susu kedelai– Manfaat buah naga)

  1. Membuat Jantung Sehat

Selain memiliki manfaat yang lebih pada manfaat psikologi, ternyata manfaat panahan adalah dapat menjaga jantung. Yang sayang pada diri sendiriBagi mereka haruslah memiliki kemauan untuk menjaga diri terutama menjaga jantung, karena kita ketahui bahwa jantung merupakan organ yang cukup penting pada tubuh. (Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah Untuk Jantung

  1. Melatih Emosi

Selain dibutuhkannya kesabaran dalam memanah ternyata dengan latihan olahraga memanah juga dapat digunakan untuk melatih emosi pada diri Anda. Sebab jika seorang pemanah tidak melatih emosinya maka pemanah tersebut jarang berhasil atau bahkan tidak akan mencapai keberhasilan nya. Untuk itu bagi Anda yang sering melakukan olahraga panahan juga akan mendapatkan manfaat dari olahraga tersebut salah satunya emosi anda akan terlatih. (Baca Juga: Manfaat Memiliki Perilaku Kejujuran)Melatih Berfikir Positif

Selain melatih emosi olahraga panahan juga dapat digunakan untuk melatih berpikir positif, sama halnya seperti anda sedangkan positif yang harus ada pada diri anda bahwa anda akan mengenai sasaran. Sehingga dengan melakukan olahraga tanah dapat melatih anda untuk berpikir positif dalam kehidupan sehari-hari. (baca juga : manfaat berfikiran positif)

Mengeluarkan Racun

Racun yang ada pada tubuh kita dapat dikeluarkan saat kita mengeluarkan keringat, untuk itu saat kita melakukan olahraga panahan pasti kita akan mengeluarkan keringat sehingga racun-racun yang ada dalam tubuh kita akan keluar bersama keringat yang kita keluarkan dari tubuh kita. Dengan begitu kita akan terhindar dari racun-racun yang akan menyebabkan penyakit dalam diri kita. (Baca Juga: Mengeluarkan Racun dalam Tubuh)

Sama halnya seperti fungsi berolahraga, ternyata dengan berolahraga juga dapat menambah peningkatan daya tahan tubuh. Sebab dengan melakukan olahraga panahan Sama halnya kita melakukan olahraga lainnya. Yang terpenting adalah tubuh kita melakukan aktivitas sehingga tubuh kita mengeluarkan racun-racun yang ada dalam tubuh melalui keringat. (Baca Juga: Manfaat Olahraga Terjun Bebas)Melatih Keseimbanga

Seseorang yang handal dalam memanah maka dia akan memiliki keseimbangan yang tinggi. Untuk itu Mengapa seseorang pemanah yang handal pasti dapat tepat pada sasaran. Hal ini disebabkan karena seorang pemanah yang handal sudah dapat melatih keseimbangannya. Untuk itu bagi anda yang sering berolahraga panahan salah satu manfaatnya Anda dapat melatih keseimbangan anda, tidak hanya dalam hal memanah tapi dengan rajin melatih keseimbangan anda itu juga akan membantu anda dalam melakukan kehidupan sehari-hari. (Baca Juga: Manfaat Hipnoterapi  , Manfaat Bermain Catur Bagi Fungsi Otak)

Uncategorized

Distributor Matras Senam Uk.150cm X 170cm X 15cm

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

olahraga yoga dan juga pilates memang akan memerlukan matras yoga sebagai salah satu perlengkapan yang wajib digunakan. Matras ini berbentuk seperti karpet dengan ukuran kecil yang cukup untuk berbaring satu orang dewasa di atasnya. Biasanya didesain dengan warna yang menarik dan segar sebab kegiatan olahraga memang baiknya dimulai dengan perasaan bahagia. Namun fungsi atau manfaat dari matras ini bukan sekedar sebagai pemanis dan membantu memperbaiki mood Anda setiap kali melakukan yoga maupun pilates.

Manfaat Memakai Matras Saat Yoga Ataupun Pilates

Akan tetapi lebih daripada itu, pasalnya pemakaian matras selama menikmati olahraga jenis ini ada banyak dan berikut beberapa diantaranya:

  • Membuat pijakan kaki lebih kuat,

Fungsi atau manfaat utama dari penggunaan matras selama beryoga adalah untuk traksi, yakni memastikan kaki mendapatkan tumpuan yang tepat. Sehingga kaki menjadi lebih kuat dan bisa berdiri maupun mengatur posisi yoga dengan baik. Anda pun bisa semakin mudah mengikuti gerakan yang diarahkan oleh instruktur, sehingga bisa lebih percaya diri dan semangat untuk melakukan yoga berikutnya.

  • Membantu menghangatkan kaki selama olahraga,

Olahraga seperti yoga dan juga pilates biasanya dilakukan di dalam ruangan yang sengaja diatur memiliki suhu yang sejuk. Bisa karena menyalakan AC di studio yoga ataupun berada di ruangan yang ventilasinya bagus dan lingkungan sekitarnya banyak ditumbuhi tanaman serta ada elemen air. Misal berupa kolam ikan sehingga memberi sensasi sejuk, hanya saja kondisi ini bisa membuat tubuh kedinginan. Maka matras yoga bisa membantu mendapatkan kehangatan karena kaki dan tubuh tidak bersentuhan langsung dengan lantai yang dingin.

  • Meningkatkan kenyamanan tubuh,

Manfaat menarik dari matras ini adalah menjadi bantalan Anda ketika melakukan yoga maupun pilates. Sehingga punya manfaat sebagai pembatas antara tubuh Anda dengan lantai, yang tentu ketika memakainya bisa memberikan rasa nyaman secara maksimal. Mengapa? Sebab selain menjaga suhu tubuh tetap hangat Anda pun tidak perlu merasakan kerasnya lantai. Sebab matras dibuat dari bahan yang empuk namun tetap tipis untuk menjaga tubuh supaya bisa berdiri seimbang. Kenyamanan ini tentu sangatlah penting karena bisa membuat kegiatan yoga terasa menyenangkan.

  • Meningkatkan dan menjaga keseimbangan,

Karena matras ini berfungsi sebagai bantalan maka ketika melakukan gerakan yoga dan pilates jenis apapun Anda tidak akan mengalami kesulitan. Matras ini didesain dengan keunikan tersendiri, yakni dimulai dari materialnya yang cenderung empuk. Sehingga membuat pijakan kaki Anda terasa lebih nyaman dan menghindari resiko tumit, engsel, maupun paha terasa sakit setelah melakukan yoga. Anda pun bisa dengan mudah berdiri dengan satu kaki atau lainnya karena matras yoga membantu Anda menyeimbangkan posisi tubuh.

Uncategorized

Jual ADIDAS Poomsae TKD Uniform HIGH LEVEL Murah

Jual ADIDAS Poomsae TKD Uniform HIGH LEVEL Murah

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Kalian tentu udah sering dengar tentang olahraga bela diri yang namanya taekwondo kan? Ternyata selain buat pertahanan, olahraga ini banyak manfaatnya lho guys! Selain untuk pria, taekwondo juga cocok untuk wanita. Praktisi taekwondo perempuan mendapat manfaat unik dari latihan bela diri ini.

Bentuk pembelaan diri ini akan memperkuat dan memperluas kemampuan perempuan untuk menghadapi risiko sehari-hari, juga akan memberi manfaat berupa kemampuan pertahanan diri, pemberdayaan, peningkatan harga diri, kepercayaan diri, kebugaran, juga pereda stres.

Taekwondo adalah bentuk seni bela diri yang berasal dari Korea dan dipraktekkan di seluruh dunia. Ini menawarkan berbagai manfaat fisik dan mental. Sebagai bela diri untuk memperkuat tubuh, pertahanan diri, dan menurunkan berat badan, taekwondo adalah seni bela diri untuk segala umur. Taekwondo bisa menjadi olahraga individu, olahraga pasangan atau olahraga kelompok. Berikut beberapa manfaat taekwondo yang bisa kita dapatkan:

Disiplin diri

Setiap bentuk seni bela diri membutuhkan disiplin diri dan tekad. Taekwondo menawarkan berbagai gerakan, pola, serangan, tendangan dan pukulan yang membuat pikiran terstimulasi dan tubuh kuat. Taekwondo mengajarkan kita untuk mengendalikan gerakan, menyempurnakan bentuk dan menghafal pola, yang membutuhkan konsentrasi dan fokus.

Latihan fisik

Taekwondo menyediakan segala macam manfaat olahraga, mulai dari peregangan hingga gerakan aerobik. Terlepas dari tingkat kebugaran fisik kita saat ini, pemula di taekwondo mempelajari gerakan dasar yang secara bertahap memperkuat dan memberi warna pada tubuh, meningkatkan fleksibilitas dan stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Setiap pola di taekwondo dibangun berdasarkan dasar-dasar pola sebelumnya, secara bertahap menawarkan peningkatan tantangan mental dan fisik bagi petarung. Pengencangan otot dan penguatan, rentang gerak sendi, keseimbangan dan daya tahan membaik saat kita menyempurnakan kemampuan dan kemampuan taekwondo. Seiring tingkat latihan dan kemajuan keterampilan kita, kita akan memiliki lebih banyak energi, kekuatan, koordinasi dan daya tahan.

Pertahanan diri

Taekwondo berfokus pada tendangan dan serangan dengan kaki dan tangan, namun juga menawarkan kesempatan untuk mempelajari pemblokiran dan tindakan mengelak yang bisa membantu melepaskan kita dari situasi berbahaya. Seiring kemajuan kita melalui latihan taekwondo, kita akan bisa bergerak dari posisi defensif dan menghalangi langkah ke tahap paling maju dari bentuk bela diri yang mengkondisikan tubuh dan meningkatkan tingkat kewaspadaan untuk menghindari atau menghadapi berbagai keadaan, dengan menggunakan kekuatan ringan, sedang atau berat, sesuai kebutuhan.

Koordinasi dan fleksibilitas

Banyak gerakan di taekwondo memerlukan tingkat fleksibilitas dan jangkauan gerak tertentu. Misalnya, gerak taekwondo membutuhkan kekuatan inti dan tulang belakang untuk gerakan menendang tegak. Rentang gerak pinggul dan bahu juga penting, seperti keseimbangan. Apakah menyeimbangkan satu kaki, melakukan tendangan depan atau samping, atau melakukan serangan, banyak gerakan mengharuskan kerja sama antara kaki dan tangan kita.

Uncategorized

Go-Up Ring Basket Portable Hydrolic Pro Murah

ual Go-Up Ring Basket Portable Hydrolic Pro Kompetisi Murah

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Siapa yang suka bermain basket? Setiap pemain pasti berlomba-lomba memasukan bola ke dalam ring lawan agar memenangkan pertandingan. Eits… tapi, kenapa di ring bola basket ada jaring, ya?

Baca juga:Tips Menjadi Pemain Basket Hebat

Jaring itu disematkan agar mempermudah wasit, pemain, dan penonton memastikan bola yang masuk ke dalam ring. Jaring ring basket memiliki bentuk yang mirip corong sehingga terayun bila dilewati bola.

Teman-teman coba bayangkan. Dengan diamter yang hanya mencapai 45 cm, ring bola basket terlihat kecil jika dilihat dari kejauhan.

Baca juga: 5 Olahraga Unik dan Aneh

Sementara, wasit dan pemain lain tidak selalu berada di dekat ring. Selain itu, penonton juga tidak semuanya duduk di dekat lapangan. Pasti tidak mudah melihat bola yang masuk ke dalam ring. 

Nah, itulah sebabnya kenapa di ring bola basket ada jaring. Yuk, ajak teman-temanmu main bola basket

Uncategorized

Harga Shiamiq Tongkat Estafet Junior Murah

Harga Shiamiq Tongkat Estafet Junior Murah

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Teknik Olah Raga Lari Estafet | Sejarah | Peraturan

Teknik Olah Raga Lari Estafet | Sejarah | Peraturan | Lari sambung atau lari estafet adalah salah satu lomba lari pada perlombaan atletik yang dilaksanakan secara bergantian atau beranting. Lari ini dilakukan bersambung dan bergantian membawa tongkat dari garis start sampai ke garis finish. Dalam satu regu lari sambung terdapat empat orang pelari. Pada nomor lari sambung ada kekhususan yang tidak akan dijumpai pada nomor pelari lain, yaitu memindahkan tongkat sambil berlari cepat dari pelari sebelumnya ke pelari berikutnya.
Start yang digunakan dalam lari bersambung adalah untuk pelari pertama menggunakan start jongkok. Sedangkan untuk pelari kedua, ketiga, dan pelari yang keempat menggunakan start melayang. Jarak lari bersambung yang sering diperlombakan dalam atletik baik untuk putra maupun putri adalah 4 x 100 meter atau 4 x 400 meter. Dalam melakukan lari sambung bukan teknik saja yang diperlukan tetapi pemberian dan penerimaan tongkat di zona atau daerah pergantian serta penyesuaian jarak dan kecepatan dari setiap pelari.

2. Sejarah Lari Estafet

    Lari sambung dimulai dari bangsa Aztek, Inka, dan Maya bertujuan untuk meneruskan berita yang telah diketahui sejak lama. Di Yunani, estafet obor diselenggarakan dalam hubungannya dengan pemujaan leluhur dan untuk meneruskan api keramat ke jajahan-jajahan baru. Tradisi api olimpiade berasal dari tradisi Yunani tersebut.
Lari estafet 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter bagi pria dalam bentuk sekarang ini, pertama-tama diselenggarakan pada olimpiade tahun 1992 di Stockholm. Estafet 4 x 100 meter bagi wanita sejak tahun 1928 menjadi nomor olimpiade dan 4 x 400 meter dilombakan sejak tahun 1972.

3. Peraturan Lari Estafet

    Masing-masing pelari mempunyai peran penting dalam olahraga lari estafet. Oleh karena itu, kekompakan dan irama lari juga harus selalu dijaga. Dalam jarak tempuh 4 x 100 meter, pelari tidak diperbolehkan untuk menjatuhkan tongkat estafet. Jadi harus benar-benar dilatih cara mengoper tongkat. Karena bila terjatuh, peserta lari akan langsung didiskualifikasi. Berbeda halnya dengan olahraga lari estafet dengan jarak tempuh 4 x 400 meter. Karena jarak tempuh yang lebih jauh, maka peraturannya pun lebih ringan. Peserta lari boleh menjatuhkan dan mengambil kembali tongkat estafet yang terjatuh. Tetapi resikonya adalah kalah. Karena ketika peserta lari mengambil tongkat, maka dipastikan peserta tersebut akan jauh tertinggal dari peserta-peserta lain.

4. Tongkat Estafet

    Tongkat estafet adalah benda yang diberikan secara bergilir dari satu peserta ke peserta lari lainnya dalam satu regu. Karena itu, tongkat ini pun tidak sembarang tongkat. Ukurannya dibuat sesuai dan pas dengan panjang genggaman pelari pada umumnya.
Ukuran tongkat yang digunakan pada lari estafet adalah:
• Panjang tongkat : 29 – 30 cm
• Diameter tongkat : 3,81 cm (dewasa) dan 2,54 cm (anak-anak)
• Berat tongkat : 50 gr
Cara memegang tongkat estafet harus dilakukan dengan benar. Memegang tongkat dapat dilakukan dengan dipegang oleh tangan kiri atau kanan. Setengah bagian dari tongkat dipegang oleh pemberi tongkat. Dan ujungnya lagi akan dipegang oleh penerima tongkat estafet berikutnya. Dan bagi pelari pertama, tongkat estafet harus dipegang dibelakang garis start dan tidak menyentuh garis start.

5. Teknik Pergantian Tongkat Estafet

    Perlombaan lari estafet mengenal dua cara pergantian tongkat, yaitu:
a. Teknik penerimaan tongkat dengan cara melihat (visual)
Pelari yang menerima tongkat melakukannya dengan berlari sambil menolehkan kepala untuk melihat tongkat yang diberikan oleh pelari sebelumnya. Penerimaan tongkat dengan cara melihat biasanya dilakukan pada nomor 4 x 400 meter.
b. Teknik penerimaan tongkat dengan cara tidak melihat (non visual)
Pelari yang menerima tongkat melakukannya dengan berlari tanpa melihat tongkat yang akan diterimanya. Cara penerimaan tongkat tanpa melihat biasanya digunakan dalam lari estafet 4 x 100 meter.
Dilihat dari cara menerima tongkat, keterampilan gerak penerima tongkat tanpa melihat lebih sulit dari pada dengan cara melihat. Dalam pelaksanaannya, antara penerima dan pemberi perlu melakukan latihan yang lebih lama melalui pendekatan yang tepat.

6. Teknik Pemberian dan Penerimaan Tongkat Estafet

    Prinsip lari sambung adalah berusaha membawa tongkat secepat-cepatnya yang dilakukan dengan memberi dan menerima tongkat dari satu pelari kepada pelari lainnya, agar dapat melakukan teknik tersebut, pelari harus menguasai keterampilan gerak lari dan keterampilan memberi serta menerima tongkat yang dibawanya.
Dalam beberapa perlombaan lari sambung, seringkali suatu regu dikalahkan oleh regu lainnya hanya karena kurang menguasai keterampilan gerak menerima dan memberikan tongkat dari satu pelari kepada pelari yang lainnya. Bahkan, seringkali suatu regu didiskualifikasi hanya karena kurang tepatnya penerimaan dan pemberian tongkat.
Perlombaan lari estafet mengenal dua cara pemberian dan penerimaan tongkat, yaitu:
a. Teknik pemberian dan penerimaan tongkat estafet dari bawah
Teknik ini dilakukan dengan cara pelari membawa tongkat dengan tangan kiri. Sambil berlari atlet akan memberikan tongkat tersebut dengan tangan kiri. Saat akan memberi tongkat, ayunkan tongkat dari belakang ke depan melalui bawah. Sementara itu, tangan penerima telah siap dibelakang dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Ibu jari terbuka lebar, sementara jari-jari tangan lainnya dirapatkan.
b. Teknik pemberian dan penerimaan tongkat estafet dari atas
Teknik ini dilakukan dengan cara mengayunkan tangan dari belakang ke depan, kemudian dengan segera meletakan tongkat dari atas pada telapak tangan penerima. Pelari yang akan menerima tongkat mengayunkan tangan dari depan ke belakang dengan telapak tangan menghadap ke atas. Ibu jari di buka lebar dan jari-jari tangan lainnya rapat.
Ada sebuah cara yang dilakukan dalam olahraga lari estafet agar tongkat estafet tidak jatuh saat diberikan pada peserta lain. Yaitu pelari yang memegang tongkat estafet meegang tongkat estafet dengan tangan kiri dan memberikannya juga dengan tangan kiri. Sedangkan si penerima tongkat bersiap menerima tongkat dengan tangan kanan.

7. Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Lari Estafet

    Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam olahraga lari estafet, sebagai berikut:
a. Pemberian tongkat sebaiknya secara bersilang, yaitu pelari 1 dan 3 memegang tongkat pada tangan kanan, sedangkan pelari 2 dan 4 menerima atau memegang tongkat dengan tangan kiri atau sebaliknya.
b. Penempatan pelari hendaknya disesuaikan dengan keistimewaan dari masing-masing pelari. Misalnya, pelari 1 dan 3 dipilih yang benar-benar baik dalam tikungan. Pelari 2 dan 4 merupakan pelari yang mempunyai daya tahan yang baik. 
c. Jarak penantian pelari 2, 3, dan 4 harus benar-benar diukur dengan tepat.
d. Setelah memberikan tongkat estafet jangan segera keluar dari lintasan masing-masing.

8. Peraturan Perlombaan

    Adapun peraturan perlombaan dalam olahraga lari estafet, sebagai berikut:
a. Panjang daerah pergantian tongkat estafet adalah 20 meter dan bagi pelari estafet 4 x 100 meter ditambah 10 meter prazona. Prazona adalah suatu daerah di mana pelari yang akan berangkat dapat mempercepat larinya, tetapi di sini tidak terjadi pergantian tongkat.
b. Setiap pelari harus tetap tinggal di jalur lintasan masing-masing meskipun sudah memberikan tongkatnya kepada pelari berikutnya. Apabila tongkat terjatuh, pelari yang menjatuhkannya harus mengambilnya.
c. Dalam lari estafet, pelari pertama berlari pada lintasannya masing-masing sampai tikungan pertama, kemudian boleh masuk ke lintasan dalam, pelari ketiga dan pelari keempat menunggu di daerah pergantian secara berurutan sesuai kedatangan pelari seregunya. 

Uncategorized

Produsen Pompa bola Grosir

Produsen Pompa bola Grosir

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040 Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

tips berikut cara mompa bola ya

(1). Bentuk bola ke posisi normal atau jangan memompa bola dalam keadaan terlipat

(2). Oleskan sedikit minyak di bagian lubang pentil atau di petilnya agar supaya memudahkan pada saat memompa

(3). Masukan pentil pada lubang yang terdapat di bola lalu pompa sampai penuh

(4). Setelah selesai memompa, dribble bola untuk menguji angin dalam bola dan menguji daya pantul bola.

Sekarang bola siap di gunakan untuk bermain

Itulah cara memompa bola yang kali ini saya posting untuk anda di manapun berada, karena dengan memompa bola yang salah nantinya akan mengakibatkan bola menjadi rusak atau terjadi kebocoran, karena di daerah pentil itulah yang rawan akan kebocoran dan bisa terkelupasnya pentil..Semoga bermanfaat.

Uncategorized

Distributor Shiamiq Lembing Alumunium Practice 180

Distributor Shiamiq Lembing Alumunium Practice 180

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Teknik Melempar Lembing – Atletik disebut sebagai induk olahraga karena terdiri dari banyak cabang olahraga, antara lain lari, lempar, tolak, lompat, dan loncat. Apakah Anda pernah melakukan salah satu cabang olahraga atletik tersebut? Pastinya pernah karena saat dibangku sekolahpun kita diajarkan mengenai beberapa cabang atletik contohnya berlari.

Olahraga lari, lempar, tolak, lompat ataupun loncat sering dilombakan secara professional dalam berbagai ajang kejuaraan. Semua cabang olahraga tersebut memiliki teknik yang sangat beragam. Pada materi pelajaran mengenai cabang atletik, kali ini akan membahas mengenai lempar lembing.

Lempar lembing adalah salah satu nomor olahraga yang terdapat dalam cabang atletik yang menggunakan alat bulat panjang menyerupai tombak yang cara kerjanya dilempar sejauh-jauhnya. Prestasi dalam lempar lembing diukur dengan hasil lemparan lembing sejauh mungkin. Dalam lempar lembing ada beberapa teknik yang perlu dikuasai, salah satu yang utama adalah melempar lembing. Bagaimana cara awalan yang baik, posisi badan, dan langkah-langkah sebelum melempar. Berikut cara lengkap bagaimana melempar lembing.

Cara Melempar Lembing Dalam Olahraga Lempar Lembing

Melempar lembing terbagi menjadi beberapa tahap yang harus dilakukan sebelum akhirnya lembing dapat dilemparkan dengan sempurna, diantaranya tahap awalan, lemparan, dan akhirran. Berikut penjelasan dari masing-masing tahapan.

a. Awalan

Awalan adalah gerakan permulaan dalam melempar lembing. Awalan dilakukan dengan cara langkah dan lari menuju ke batas tolakan. Awalan merupakan bagian pertama guna membangun kecepatan gerak yang diperlukan dalam lemparan, awalan juga menentukan lemparan akan jauh atau juga tidak.

Baca: Cara Memegang Lembing (Finlandia, Amerika, Tang)

Awalan berlari sambil membawa lembing di atas kepala dengan lengan ditekuk, sikut menghadap ke depan, dan telapak tangan menghadap ke atas. Posisi lembing berada sejajar di atas garis paralel dengan tanah. Bagian terakhir awalan terdiri dari langkah silang (cross step). Pada bagian akhir dapat dilakukan langkah dengan beberapa cara berikut.

  1. Dengan jingkat (hop step)
  2. Dengan langkah silang di depan (rear cross step)
  3. Dengan langkah silang di belakang (rear cross step)

b. Melempar

Hal-hal yang harus diperhatikan pada saat melakukan pelemparan lembing adalah sebagai berikut.

1. Posisi Badan
Posisi badan baik tanpa awalan maupun dengan awalan adalah posisi badan berdiri tegak, kaki kiri lurus ke depan lemas, kaki kanan di belakang dengan lutut ditekuk serong ke belakang sehingga berat badan berada pada kaki kanan dan badan serong ke belakang, tangan kanan memegang lembing lurus ke balakang, ujung lembing berada di samping dan ekor lembing berada di belakang dekat tanah.

2. Irama Lima Langkah
Maksud dari lari awalan di sini adalah sepanjang 5-8 langkah sesuai dengan kamampuan dari lari (sprint), seperti suatu lari percepatan dan harus dalam satu garis lurus. Lembing masih dibawa dalam posisi setinggi kepala dengan mata lembing tetap menunjuk sedikit ke atas dan punggung tangan menghadap ke arah luar. Selama lari lengan yang membawa lembing bergerak hanya sedikit, sedangkan lengan yang lain bergerak sesuai dengan irama lari. Lima langkah mengikuti lari awalan yang siklis tanpa suatu gangguan/interupsi. Urutan langkah itu adalah kanan-kiri-kanan-kiri-lempar.

  • Langkah 1 sampai langkah 3 diawali dengan memegang lembing secara mendatar atau horizontal dan tangan ditekuk di atas bahu. Pada waktu mendarat pada kaki kanan gerakan lengan pelempar ke belakang setinggi bahu, telapak tangan pelempar menghadap ke atas dan pertahankan kecepatan lari ancang-ancang. Lembing dipegang dekat dengan kepala. Langkah 3 berfungsi sebagai persiapan untuk melakukan langkah berikutnya yaitu langkah 4 dorong.
  • Langkah 4 pada fase ini adalah fase langkah dorong dengan langkah yang lebih panjang dan datar terjadi sesudah mendorongnya dengan kaki kiri. Kaki kanan mendahului kaki kiri dan sebelum mendarat kaki kiri ada di depan kaki kanan lagi.
  • Langkah 5 kaki kiri mendarat pada tumit dan tetap dipertahankan lurus, kemudian lengan yang melempar tetap diluruskan setinggi bahu. Badan melengkung dengan penuh kekuatan dan kaki kiri diluruskan sepenuhnya dan Melempar pada saat kaki depan diluruskan. Putar pinggang dengan cepat ke depan, usahakan lengan kiri berada di dekat badan. Tarik siku kanan ke depan dan atas di sisi kepala.

3. Pelepasan Lembing
Gerakan pelepasan lembing adalah gerakan penting untuk suatu lemparan yang baik bahwa bahu, lengan atas, dam tangan bergerak berurutan. Mula-mula bahu melempar secara aktif dibawa ke depan dan lengan pelempar diputar, sedangkan siku mendorong ke atas.

Pelepasan lembing itu terjadi di atas kaki kiri. Lembing lepas dari tangan pada sudut lemparan kira-kira 45° dengan suatu gerakan seperti ketapel dari lengan bawah tangan kanan dan kaki kanan meluncur di tanah. Pada waktu lembing lepas terjadi pada suatu garis lurus dapat digambarkan dari pinggang ke tangan pelempar yang hanya sedikit ke luar garis vertikal, sedangkan kepada dan tubuh/torso condong ke kiri pada saat tahap pelepasan lembing. Lengan kiri ditekuk dan mengemblok selama pelepasan lembing.

c. Pemulihan

Pemulihan terjadi sebelum garis batas dengan suatu pembalikan arah lemparan ke kaki kanan. Lutut ditekuk secara signifikan dan pusat massa badan diturunkan dengan membengkokkan badan bagian atas ke depan.

Uncategorized

Produsen Peluit Elektrik FOX Grosir

Produsen Peluit Elektrik FOX Grosir

Untuk info lebih lanjut dapat langsung menghubungi ke :

Telp : 021 470 5841

Hp & WA : 08127866663 / 081289854040

Alamat : Jl. Panca wardi, No. 33-34, Kayu Putih, Jakarta Timur

Peluit adalah sebuah alat berukuran kecil terbuat dari berbagai bahan seperti kayu atau plastik yang mengeluarkan suara nyaring ketika ditiup. Peluit umumnya berbentuk lonjong dengan lubang kecil di bagian atas untuk perputaran udara. 

Peluit pada zaman dulu ada yang terbuat dari kayu, plastik, metal, aluminium, dan perak. Sedangkan, peluit yang banyak ditemui saat ini adalah yang terbuat dari plastik. Peluit terdiri dari berbagai jenis, mulai dari peluit biasa hingga peluit multifungsi. Ada peluit yang dilengkapi dengan gantungan kunci, kompas, dan termometer. Peluit inilah yang disebut dengan peluit multifungsi. Peluit bekerja dengan cara ditiup yang menyebabkan timbulnya aliran udara yang akan terpisah oleh sebuah plat tipis sehingga menimbulkan gesekan udara yang menyebabkan udara bergetar. 

Peluit pertama ditemukan oleh Joseph Hudson pada tahun 1868 di Birmingham, Inggris. Peluit pertama (berkode AADP4056) mulai digunakan oleh wasit William Atack pada pertandingan sepak bola di Nottingham Forest, dan pada saat itu peluit masih terbuat dari kuningan. Kemudian penggunaannya diperluas ke bidang kepolisian untuk membantu polisi yang sebelumnya mengatur jalan raya hanya dengan tangan dan suara. Perkembangan selanjutnya adalah peluit kacang polong atau dikenal dengan “Acme Thunderer”. Peluit kacang polong atau “Acme Thunderer” ini memiliki kontrol dan kekuatan suara yang lebih. Peluit masih terus berkembang hingga menjadi sebuah peluit dari plastik pada tahun 1914. Lalu, pada tahun 1920 peluit kacang polong dikembangkan lagi bentuk dan fungsinya agar menimbulkan kenyamanan bagi pemakainya. 

Dulu, sepak bola dimainkan tanpa peraturan yang ketat. Setelah banyak peraturan dipakai, barulah sepak bola memakai seorang wasit. Namun, wasit sering kesulitan memberi tanda ketika terjadi pelanggaran. 

Sejarah Peluit Sepak Bola di Dunia
Maka, muncullah ide memakai peluit. Pertandingan sepak bola pertama yang memakai peluit terjadi di Notthingham pada 1878. Jenis peluitnya masih sederhana. 

Warga Birmingham, Joseph Hudson, menemukan peluit yang lebih nyaring dan mudah dibunyikan dan diberi nama “Acme Thunderer”. Jenis peluit itu yang bertahan sampai sekarang. Model bisa berubah, tapi konstruksi dan desain dasar peluit yang dipakai sepak bola saat ini tak jauh berbeda dengan peluit yang ditemukan Hudson. 

Sejak itu, peluit memang terkenal. Hudson sendiri akhirnya terus memproduksi peluit tersebut. Pemakainya tak hanya di sepak bola, tapi juga kepolisian, transportasi kapal, sampai untuk musik reggae. 

Hudson sendiri akhirnya mendirikan pabrik peluit itu di Birmingham. Hingga sekarang, sudah hampir 200 juta peluit yang diproduksi pabrik tinggalan Hudson tersebut dan telah dipakai di banyak keperluan, utamanya sepak bola. Berikut beberapa model peluit yang diproduksi Hudson & Co. 

Jenis peluit pertama yang kemudian menjadi pakem sebagai peluit sepak bola. 



Kegunaan Peluit di Berbagai Bidang



Bidang kepolisian
Para polisi di jalan raya selalu melekatkan peluit di seragam coklatnya. Guna peluit bagi polisi adalah untuk memberitahukan pengendara mobil atau motor untuk bergerak dan bisa juga untuk memberitahu pengendara untuk menghentikan kendaraannya apabila terjadi pelanggaran. Para pengendara umumnya akan langsung mengerti apabila peluit ditiup oleh polisi. Berarti, pesan yang ingin disampaikan oleh polisi kepada pengendara dapat disampaikan melalui peluit ini. Untuk bidang kepolisian, peluit juga pernah digunakan para polisi di London namun sekitar tahun 1959 peluit sudah tidak digunakan lagi di sana karena telah muncul hand-held radios dan motor yang dianggap lebih praktis untuk daerah urban. 



Bidang Kesehatan
Bagi orang yang sedang sakit, misalnya cacat fisik, peluit juga memiliki peran penting. Seorang yang memiliki keterbatasan untuk bergerak bebas dan memerlukan bantuan perawat akan dimudahkan dengan adanya peluit. Jika orang yang sakit ingin memanggil perawat yang sedang tidak berada di sampingnya dan tidak mampu berjalan atau berteriak, peluit bisa menjadi alat bantu yang praktis. Dengan meniupnya, perawat bisa segera mengerti bahwa ia dipanggil dan akan segera datang menolong. 

Bidang Olahraga
Umumnya para pelatih olahraga atau guru olahraga di sekolah identik dengan peluit di sakunya. Peluit digunakan pelatih untuk memberi ritme atau hitungan pada gerakan olahraga yang dilakukan. Misalnya hitungan dalam olahraga senam atau memberikan tanda-tanda tertentu dalam pertandingan basket. Bunyi peluit pendek bisa diartikan sebagai waktu untuk mengoper bola atau tiupan panjang memberitahukan bahwa waktu permainan sudah habis. Hanya dengan tiupan nyaring peluit, para pemain akan mengerti dan menyudahi permainan yang sedang berlangsung. 

Selain pada olahraga basket, sepak bola juga bergantung dengan keberadaan peluit. Sejarah mengatakan bahwa peluit yang dipakai oleh wasit sepak bola lahir bersamaan dengan peluit yang digunakan polisi di London pada tahun 1878. Sebelumnya, wasit sepak bola hanya menggunakan teriakan, sebilah kayu atau saputangan. Semakin maraknya pertandingan sepak bola, khususnya di London, membuat peluit terus dikembangkan kemampuannya. Pada tahun 1930, peluit ditambah kekuatannya agar dapat mengimbangi gemuruh suara para penonton sepak bola di stadion, begitu pula penerapannya di Indonesia. 

Alat Bantu Parkir
Pekerjaan lain yang identik dengan peluit adalah profesi tukang parkir. Selain komando dari tukang parkir untuk mengarahkan kendaraan dan gerakan tangan untuk menunjuk arah yang dimaksud, peluit juga memiliki fungsi tersendiri. Tergantung dari bagaimana tukang parkir menggunakan peluit tersebut. Ada yang menggunakannya untuk memberitahu pengendara supaya berhenti atau sebagai pengganti suara mereka. Pengendara umumnya langsung mengerti pesan apa yang ingin disampaikan tukang parkir. Khusus untuk bidang ini, hanya dipakai di Indonesia saja. Di negara lain umumnya kurang mengenal pekerjaan sebagai tukang parkir. 

Pramuka
Pramuka merupakan salah satu kegiatan atau perkumpulan yang juga menggunakan peluit sebagai media komunikasi. Pramuka menggunakan peluit untuk memberitahukan pesan dalam regu atau komunikasi dalam jarak cukup jauh berupa tiupan-tiupan yang sudah ada aturannya. Bunyinya bisa dikatakan sejenis dengan morse. Setiap kata atau pesan memiliki bunyi tiupan yang berbeda. Lambang yang digunakan kemudian ditiupkan, berupa garis panjang (—–) untuk tiupan panjang, garis pendek (–) untuk tiupan pendek, dan juga titik (.)untuk tiupan sangat pendek. Setiap bunyi memiliki arti sendiri-sendiri. 

Peluit ultrasonik
Seperti halnya teknologi komunikasi yang lain, peluit juga mengalami perkembangan. Perkembangan ini adalah munculnya peluit ultrasonik. 

Peluit ultrasonik adalah peluit dengan tiupan berfrekuensi tinggi yang hanya dapat didengar oleh binatang dan dikhususkan untuk anjing. Seperti diketahui bahwa anjing sangat sensitif dengan suara berfrekuensi tinggi, maka dengan peluit ini, anjing bahkan yang berada di kejauhan pun dapat mendengar suaranya kemudian mereka akan berdatangan. Biasanya, peluit ini bekerja pada frekuensi 30-50 kHz. Manusia tidak bisa mendengar suara tiupan peluit tersebut. Peluit biasa yang hanya digunakan untuk membantu proses komunikasi antarmanusia telah berkembang menjadi peluit ultrasonik yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan hewan, khususnya anjing. 

Kegunaan peluit ultrasonik
Peluit biasa memiliki fungsi-fungsi yang beraneka rupa untuk membantu kegiatan manusia seperti yang telah dijelaskan di atas. Begitu pula dengan peluit ultrasonik ini juga memiliki beberapa kegunaan. 

Peluit ini memiliki banyak kegunaan terutama dalam hal-hal yang berhubungan dengan anjing. Contoh kegunaan dari peluit ini adalah 
• melatih seekor anjing 
• menaklukkan anjing yang sedang beradu 
• menghentikan gonggongan seekor anjing 

Peluit ultrasonik juga sudah digunakan di Indonesia. Biasanya penggunaan peluit ultrasonik ini adalah dalam hal melatih anjing untuk suatu keperluan, seperti keamanan atau kepolisian. Anjing-anjing pelacak tentu perlu banyak latihan, agar mereka lebih sensitif terhadap bau, bunyi dan gerak. 

Call Now ButtonKlik to Call
× Chat With Me